Jumat, 15 Maret 2013

Apa Itu Singkong...?


Singkong atau dalam kata lain ketela pohon atau ubi kayu,yang dalam bahasa inggrisnya disebut Cassava, Memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi. Singkong merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika yang dapat ditanam sepanjang tahun. Bagian yang dapat dimakan dari tanaman ini selain bagian ubi atau akarnya,daunnya pun juga bias dimakan dan mempunyai manfaat yang tinggi. Dan secara keseluruhan bias dimanfaatkan untuk berbagia macam masakan.

Umbi singkong merupakan sumber energy yang kaya karbohidrat namun sangat miskin akan protein. Sumber protein yag bagus justru ada pada daunnyakarna mengandung asam animo metionin. Umbi singkong juga banyak mengandung glukosa dan bisa dimkan mentah,ada yang manis dan ada pula yang pahit itu tergantung pada kandungan glukosida yzng dapat membaentuk asam sianida.

Singkong tidak bias bertahan lama meski disimpan di dalam tempat yang dingin dalam hal ini singkong dapat mudah rusak ditandai dengan keluarnya tanda biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.
Warna “daging” singkong ada yang putih dan ada yang kuning. Dan singkong dapat dijadikan berbagai macam panganan,seperti kripik,tepe,dll. Bahkan bisa juga dijadikan tepung singkong yaitu tepung tapioca sebagai pengganti tepung gandum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar